Jumat, 02 November 2012

BAB III

METODOLOGI PENELITIAN


3.1 Metode penelitian
Dengan tujuan penelitian yang tertera pada bab sebelumnya, penulis menggolongkan penelitian ini sebagai penelitian deskriptif. Penelitian ini dapat digolongkan sebagai penelitian deskriptif karena bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik variabel-variabel pada suatu situasi tertentu (Sekaran, 2000).
Menurut Zikmund (2000) juga mengklasifikasikan penelitian berdasarkan waktu (time dimension). Berdasarkan klasifikasi tersebut, penelitian ini tergolong tipe cross-sectional studies, yaitu penelitian yang dilakukan satu kali (tidak kontinu) dalam satu waktu tertentu. Karena cross-sectional studies dilakukan pada saat tertentu, maka tipe penelitian ini sering disebut sebagai ”snapshots” dari populasi (Burns & Bush,2000).

3.2 Populasi & sampel
Populasi dalam penelitian ini adalah para pengguna jasa transportasi Bus Kota di Depok. Dari sejumlah populasi ini diambil sampel yang jumlahnya mencukupi sehingga dengan mempelajari dan mengetahui karakteristik sampel tersebut dapat diketahui karakteristik populasi secara keseluruhan (Sekaran, 2000). Sampel yang diambil tersebut harus mempresentasikan kelompok secara keseluruhan (Burns & Bush, 2000).
Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling adalah non probability sample yang memiliki kriteria-kriteria tertentu dalam menentukan sampel. Kriteria-kriteria yang digunakan dalam memilih sampel penelitian ini adalah :
Pelanggan jasa transportasi Bus Kota Mayasari Bakti di Depok yang menggunakan bus Mayasari Bakti.
Bukan supir/karyawan dari salah satu penyedia jasa transportasi Bus Kota agar informasi yang diberikan objektif.
Untuk menentukan berapa sampel yang dibutuhkan, maka digunakan rumus Slovin (Husein Umar, 2003:120) yaitu sebagai berikut :
n=N/(1+Ne²)
Dimana :
n = ukuran sampel
N = ukuran populasi
e = kelonggaran ketidaktelitian karena salah pengambilan sampel yang dapat ditoleransi. Konstanta (0,1 atau 10%)

jadi dapat disimpulkan :
n= 100/(1+100 (0,10)^2 )
n=100/2=50
Sehingga dalam penelitian ini ditetapkan sampel sebanyak 50 responden.

3.3 Metode pengumpulan data
Dalam usaha pengumpulan data digunakan teknik pengumpulan data sebagai berikut :
Studi kepustakaan
Yaitu penelitian yang dilakukan dengan membaca literatur seperti buku bacaan, majalah-majalah ilmiah baik yang diperoleh dari kuliah maupun yang diperoleh dari perpustakaan dan sumber lainnya. Data yang diperoleh dari cara ini merupakan data tambahan sebagai pendukung atau sering disebut sebagai data sekunder.
Penelitian Lapangan
Yaitu penelitoan yang dilakukan langsung kepada sumber-sumebr yang terkait untuk memperoleh data tentang bentuk-bentuk pelayanan yang diberikan dan sikap pelanggan terhadap setiap bentuk pelayanan tersebut. Penelitian ini dilakukan degan menggunakan instrumen atau alat penelitian berupa :
Kuesioner
Yaitu metode yang dilakukan dengan pengajuan daftar pertanyaan secara tertulis kepada konsumen untuk mengetahui kepuasan konsumen atas pelayanan perusahaan.
Metode pengumpulan data kuesioner dilakukan dengan cara self administered survey, yaitu suatu survei yang meminta reponden untuk mengisi sendiri kuesioner yang diberikan (Burns & Bush, 2000). Kuesioner yang disebarkan sebanyak 60 lembar untuk mengantisipasi apabila ada beberapa kuesioner yang tidak kembali atau tidak valid.


3.4 Uji Validitas dan Reliabititas
Uji validitas menunjukkan sejauh mana alat pengukur yang dipergunakan untuk mengukur apa yang diukur. Adapun caranya adalah dengan mengkorelasikan antara skor yang diperoleh pada masing-masing item pertanyaan dikatakan valid apabila skor item pertanyaan memiliki korelasi yang positif dan signifikan dengan skor total variabel. Besarnya nilai signifikan <0,05 (Ghozali, 2006). Uji reliabilitas dilakukan terhadap item pertanyaan yang dinyatakan valid. Uji ini digunakan untuk mengukur suatu kuesioner yang merupakan indikator dari variabel atau konstruk (Ghozali, 2006). Suatu kuesioner dikatakan reliabel atau handal jika jawaban sesorang terhadap pernyataan adalah konsisten atau stabil dari wktu ke waktu. Suatu variabel dikatakan reliabel jika memilki Crobach Alpha > 0,60 (Ghozali, 2006).


3.5 Metode Analisis Data
Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah :
Descriptive Analysis
Salah satu teknik analisis pengolahan data yang akan digunakan dalam penulisan ini adalah analisis deskriptif kuantitatif, maksudnya di dalam menganalisis digunakan skala penilaian untuk menyatakan bobot dari tingkat kepentingan konsumen (expectations) dan kinerja dari perusahaan.




DEVI MIRANTI PERTIWI/ 11210879
3EA10