Selasa, 27 Maret 2012

Sistem & Lingkungan manajemen pemasaran

pemikiran sistem
Sistem merupakan teori relatif yang berusaha menjelaskan pola keteraturan antar hubungan dan ketergantungan bagian-bagian yang membentuk secara keseluruhan. Keseluruhan elemen yang membentuk sistem merupakan pola hubungan sinerjik bukan agregatif yang kumulatif.

Sistem pertukaran
Pertukaran adalah melibatkan dua(atau lebih) pihak, masing-masing pihak mampu berkomunikasi satu dengan yang lainnya, saling memerlukan karena mempunyai sesuatu yang bernilai bagi yang lain, mempunyai kebebasan untuk saling menerima atau menolak tawaran masing-masing.

Sistem ekonomi
Sistem ekonomi adalah struktur dan pola keterkaitan antar pelaku-pelaku ekonomi yang saling melakukan transaksi pertukaran barang dan jasa. Tiap-tiap negara belum tentu mempunyai sistem ekonomi yang sama. Jarang ditemui sistem ekonomi suatu negara yang benar-benar terkendali dan bebas.

Sistem pemasaran
Sistem pemasaran adalah pola hubungan dari pelaku-pelaku kegiatan pemasaran yang mempunyai tujuan transaksional tertentu. Perkembangan tujuan transaksional sistem pemasaran yaitu :
• Tingkat konsumsi masyarakat yang maksimum
• Tingkat kepuasan konsumen yang maksimum
• Tingkat pilihan konsumen yang maksimum
• Kualitas hidup yang maksimum

Lingkungan internal
Lingkungan internal adalah kegiatan-kegiatan internal perusahaan yang dapat dikendalikan. Artinya, untuk mencapai tujuan dan menjalankan strategi pemasaran, pemasaran mampu mengendalikan atas operasi kegiatan tersebut.
Pemahaman lingkungan internal pemasarn pada umumnya perlu ditekankan pada aspek :
• Aspek sumber daya organisasi
• Aspek manusia
• Aspek alat-alat manajemen dan teknologi
Bauran pemasaran (marketing mix) :
1. Product (perencanaan barang)
2. Price (penetapan harga)
3. Promotion (program promosi)
4. Place (saluran distribusi)

Lingkungan eksternal
Lingkungan eksternal adalah pengaruh-pengaruh tidak langsung yang berada diluar kekuasaan atau kendali pasar. Perubahan yang terjadi pada lingkungan eksternal dapat memberikan peluang ayau hambatan yang dapat diatasi oleh pemasar.
Lingkungan eksternal makro meliputi :
• Kondisi perekonomian
• Hukum, politik dan peraturan pemerintah
• Kependudukan dan keseimbangan lingkungan
• Teknologi
• Sosial dan kebudayaan
Lingkungan eksternal mikro meliputi :
• Pemasok
• Pesaing
• Perantara
• Pasar

Pola pengaruh sistem lingkungan
Peluang pemasaran perlu dimanfaatkan dan hambatan pemasaran perlu diatasi. Kekuatan organisasi perlu dipergunakan untuk memanfaatkan peluang dan hambatan lingkungannya. Kelemahan organisasi perlu dikompensasi sehingga perusahaan mampu menghadapi lingkungannya.





nama : DEVI MIRANTI PERTIWI / 11210879
kelas : 2EA10