Selasa, 27 Maret 2012

masalah sosial dalam masyarakat

Menurut Soerjono Soekanto masalah sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial. Jika terjadi bentrokan antara unsur-unsur yang ada dapat menimbulkan gangguan hubungan sosial seperti kegoyahan dalam kehidupan kelompok atau masyarakat.
Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. Yang dapat menjadi sumber masalah sosial yaitu seperti proses sosial dan bencana alam. Adanya masalah sosial dalam masyarakat ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat, pemerintah, organisasi sosial, musyawarah masyarakat, dan lain sebagainya.
Masalah sosial dapat dikategorikan menjadi 4 (empat) jenis faktor, antara lain :
1. Faktor Ekonomi :misalnya Kemiskinan yang ada di masyarakat menjadi penyebab pengangguran semakin banyak. Akibat karena faktor pendidikan masyarakat yang rendah sehingga sulit untuk mendapatkan pekerjaan dan faktor lain yaitu kurangnya lapangan pekerjaan di masyarakat akhirnya mereka menjadi penganguran.
2. Faktor Budaya : misalnya kenakalan remaja yang ada di Indonesia salah satu penyebabnya adalah pengaruh dari budaya asing. Seperti gaya busana yang dari budaya asing yang ditiru oleh sebagian remaja, yang menurut mereka gaya busana tersebut sangat bagus tetapi bagi masyarakat Indonesia belum tentu bagus karena pandangan masyarakat lebih condong kearah ketimur-timuran yang lebih sopan, sedangkan gaya busana asing lebih kearah kebarat-baratan yang tidak begitu sopan. Sehingga timbul masalah sosial di masyarakat.
3. Faktor Biologis : misalnya Penyakit menular yang ada di masyarakat. Seperti penyakit AIDS yang sebagian masyarakat menganggapnya penyakit menular, sehingga mereka yang menderita penyakit tsb merasa tersisih/terkucilkan dari masyarakat.
4. Faktor Psikologis : penyakit syaraf, aliran sesat, dsb.



nama :DEVI MIRANTI PERTIWI / 11210879
kelas : 2EA10